End User Computing (EUC) adalah sistem informasi berbasis komputer  yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial oleh  end users. Dalam EUC sistem, end user menggunakan stasiun kerja  mikrokomputer dan bermacam perangkat lunak untuk mendapatkan kembali  informasi, pendukung keputusan, dan pengembangan aplikasi. Sebagai  contoh, pengguna dapat megirim surat elektronik, menggerakkan model  analitik, atau membangun aplikasi bisnis yang baru.
End User Computing (EUC) adalah sebuah konsep dalam rekayasa  perangkat lunak yang mengacu kepada abstraksi dari kelompok orang-orang  yang pada akhirnya akan mengoperasikan software (yaitu pengguna yang  diharapkan atau target-user).
Abstraksi ini dimaksudkan untuk dapat berguna dalam informasi yang diyakini relevan dalam proyek tertentu.
Abstraksi ini dimaksudkan untuk dapat berguna dalam informasi yang diyakini relevan dalam proyek tertentu.
End User Computing dapat digolongkan menjadi empat tingkatan berdasarkan pengetahuannya antara lain sebagai berikut :
    * Pemakai akhir tingkat menu (menu-level end-users).
* Pemakai akhir tingkat perintah (command-level end-users).
* Programer pemakai akhir (end-users programmers).
* Personil pendukung fungsional (functional support personnel).
* Pemakai akhir tingkat perintah (command-level end-users).
* Programer pemakai akhir (end-users programmers).
* Personil pendukung fungsional (functional support personnel).
B. TUJUAN END USER COMPUTING
Tujuan End User Computing adalah untuk memungkinkan staf untuk tidak  terampil menggunakan mahal dan pengetahuan yang sangat ahli dalam  pekerjaan mereka, dengan menempatkan pengetahuan dan keahlian ke dalam  komputer dan mengajar pengguna akhir bagaimana untuk mengaksesnya. Pada  saat yang sama, pendekatan ini digunakan ketika tugas-tugas yang sangat  kritis yang didukung oleh sistem komputasi (penerbangan komersial,  pabrik nuklir dan sebagainya). 
C. MANFAAT END USER COMPUTING
1. Memindahkan sebagian beban kerja pengembangan sistem kepada pemakai.
2. Mengurangi kesenjangan komunikasi antar user dan spesialisasi informasi.
3. Kreasi, pengendalian, dan implementasi oleh pemakai
4. Sistem yang memenuhi kebutuhan pemakai
5. Ketepatan waktu
6. Membebaskan sumber daya sistem
7. Kefleksibilitasan dan kemudahan penggunaan
4. Sistem yang memenuhi kebutuhan pemakai
5. Ketepatan waktu
6. Membebaskan sumber daya sistem
7. Kefleksibilitasan dan kemudahan penggunaan
D. FAKTOR YANG MENDORONG END USER COMPUTING
1. Menjngkatkan pengetahuan tentang computer (knowledge).
2. Antrian jasa informasi (time-process).
3. Perangkat keras yang murah (technology-hardware).
4. Perangkat lunak saiap pakai (technology-software).
E. RESIKO PENERAPAN END USER COMPUTING
1. Sistem yang buruk sasarannya.
2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya.
3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien.
4. Hilangnya integritas data.
5. Hilangnya keamanaan.
F. JENIS-JENIS END USER COMPUTING
Salah satu study pertama mengenai end-user dilakukan pada  tahun 1993 oleh John Rockart dari MIT dan Lauren S. Flannery, seorang  mahasiswa jurusan MIT. Mereka menginterview 200 end-user ditujuh  perusahaan dan menidentifikasi enam jenis, yaitu:
1. End-User Non-Pemrograman. Pemakai (user)  ini hanya mempunyai pemahaman komputer yang sedikit atau mungkin tak  punya sama sekali, dan ia hanya menggunakan sofware yang telah dibuat  oleh orang lain. Ia berkomunikasi dengan hadware dengan bantuan menu dan  mengandalkan orang lain untuk memberikan bantuan teknis.
2. User Tingkatan Perintah. Pemakai (user)  ini menggunakan sofware tertulis yang telah tersedia, namun ia juga  menggunakan 4GL untuk mengakses database dan membuat laporan khusus.
3. Progemmer End-User. Selain menggunakan  sofware tertulis dan 4GL, pemakaian ini juga dapat menulis programnya  sendiri dan menggunakan bahasa programan. Karena ia mempunyai pemahaman  komputer yang lebih baik, ia biasanya menghasilkan informasi untuk  pemakian non-programan dan pemakai tingkat perintah. Contoh pemakai  jenis ini adalah aktuaris (penaksir), analis keuangan, dan insiyur.
4. Personel Pendukung Fungsional. Pemakai  ini ditugaskan di unit fungsional perusahaan dan menangani penggunaan  komputer. Ia mempunyai tingkatan sebagai ahli seperti yang ada di unit  pelayanan informasi.
5. Personel Pendukung Komputerisasi End-User. Spesialis informasi ini ditugaskan di unit pelayanan informasi, namun membantu end-user dalam pengembangan sistem.
6. Programmer DP. Ia merupakan golongan programer khusus, yang ditugaskan di pelayanan informasi, yang diharapkan memberikan dukungan kepada end-user. Dukungan ini biasanya diberikan untuk menentukan harga kontrak.
G. JENIS – JENIS APLIKASI END USER COMPUTING 
Sebagian besar aplikasi end-user computing dibatasi pada:
• Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relatif mudah
• Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseorangan  Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama  dengan pemakai dalam mengembangkan:
• Aplikasi SIM dan SIA
• DSS yang rumit
• Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasional
• Sistem berbasis pengetahuan
H. RESIKO END USER COMPUTING
Perusahaan dihadapkan pada resiko ketika para pemakai mengembangkan sistem mereka sendiri antara lain adalah :
- Sistem yang buruk sasarannya
- Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya.
- Penggunaan Sumber daya informasi yang tidak efisien
- Hilangnya Integritas Data
- Hilangnya keamanan
- Hilangnya pengendalian
Resiko di atas dapat berkurang jika jasa informasi yang mengembangkan sistem, karena adanya pengendalian terpusat.
I. KEUNTUNGAN DARI END USER COMPUTING
Kedua, tidak dikutsertakannya spesialis informasi dalam proses pengembangan bisa mengatasi masalah yang telah menggangu pengimpleentasian sepanjang era komputer yaitu komunikasi. Banyak pemakai yang tidak memahami jargon komputer yang diungkapkan spesialis informasi, dan banyak spesialis informasi yang tidak memahami tugas atau tanggung jawab pemakai. Karena para pemakai memahami kebutuhannya sendiri dengan lebh baik dari pada orang lain, maka ketika mereka mengembangkan sistem mereka sendiri, mereka mungkin akan lebih puas dengan hasilnya. Mereka juga mempunyai perasaan memiliki “ini adalah sistem saya”.
Hasil akhir dari kedua keuntungan tersebut adalah bahwa akan tercapainya tingkat keterampilan penggunaan komputer yang lebih tinggi. Sedangkan keuntungan yang paling penting adalah dalam dukungan kebutuhan pemakai dalam memecahkan masalah dan sistem memberikan apa yang dibutuhkan oleh pemakai.
sumber : http://blog.ub.ac.id/pengetahuan2anda/2010/04/02/end-user-computing/ 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar